11 Februari 2014

MEMANFAATKAN LAHAN PEKARANGAN

Terinpirsasi dari Pembangunan Pemandian kalibening desa Payaman yang direncanakan sebagai salah satu unggulan kawasan Pariwisata Di Kabupaten Magelang, Desa Kalijoso Bersama Bpk Muhtajuddin Hs. Bsc selaku kepala Desa berupaya menyambut program tersebut. Pembukaan Akses pariwisata tersebut tentunya dapat memberikan peningkatan ekonomi, bagi masyarakat Desa Kalijoso yang secara Geografis berbatasan dengan Pemandian Kalibening Desa Payaman Tersebut.
Akan tetapi Momen ini tidak akan memberikan manfaat yang berarti jika Masyarakat dan Pemerintah Desa hanya menutup mata, tidak memberikan respon positif. Berangkat dari hal ini Pemerintah Desa Kalijoso Mencoba Membuat Konsep Agro wisata Desa Kalijoso, Inovasi- demi inovasi dijalankan diataranya pemberdayaan Masyarakat perempuan dalam upaya pengolahan sampah rumah tangga, yang dimulai dari Rt 01 dusun Salakan, Dan yang tak kalah pentingaya upaya Peningkatan ekonomi dan sekaligus sebagai upaya pelestarian Mata Air Pemandian Kalibening, dengan Program Penanaman 2000 Pohon klengkeng dan Durian diareal Pekarangan rumah Penduduk. Tahun 2012 Sudah Dilakukan Penanaman +/- 400 pohon Klengkeng Di Dua Poktan ( Sumber Jaya Dan Citro Sari ) Dari bantuan Dana Hibah Kabupaten Magelang. Dengan Demikian masih Tiga Poktan ( Citro Makmur, Tani Maju dan Manunggal ) belum mendapatkan Akses Bantuan.
Demi mengejar target Program 2000 Pohon Pemerintah Desa senatisa Berupaya mencari Solusi Pembiayaan Poktan Yang belum Mendapatkan Akses dana. Alhasil Tahun 2013 Pemerintah provinsi Jawa Tengah memberikan bantuan Dana sebesar Rp. 20.000.000 ( Dua puluh Juta Rupiah ) . dana ini dibelanjakan 150 Pohon Klengkenng jenis itoh dan 175 Pohon Durian varitas Montong. Yang telah direalisasikan dan ditanam pada awal bulan Januari 2014. Harapan Masyarakat dengan ditanmanya pohon buah ini dapat menjadi komoditas unggulan yang ada didesa kalijoso sehingga dapat membatu pertubuhan ekonomi sebagai penunjang kesejahteraan hidup. Dan ucapan terima kasih tak terhingga kepada pihak- pihak dan dinas- dinas terkait yang senantiasa membantu terwujudnya program ini, namun uluran tangan Pemerintah dan pihak lain yang tidak mengikat senantiasa kami harapkan demi kemajuan Masyarakat Desa Kalijoso. ( Kesra )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar, terimaksih *(shugi)