25 Desember 2009

TUJUAN KALIJOSO NET

Kalijoso Net mengambil paket koneksi dari Telkom Speedy yang dikonfigurasi dengan jaringan antar dusun dan disangga oleh 3 ( tiga ) tower utama sebagai langkah awal terwujudnya masyarakat yang berwawasan luas.
Berdirinya Kalijoso Net ini bertitik tolak dari kebutuhan masyarakatnya dimana dilingkungan desa memiliki lembaga pendidikan, komunitas tani, industri kecil, mebel, pertanian dan peternakan, selain itu letak desa yang jauh dari perkotaan sehingga menghambat kegiatan yang lainnya.
Walaupun demikian Desa Kalijoso memiliki kekhasan yang unik untuk pemberdayaan rakyat dan salah satu sarana yang telah dibangun adalah koneksi internet yang bertujuan untuk ;
A. Informasi
Tujuan Pertama dari koneksi internet ini adalah Informasi bagi warga untuk merangsang pertumbuhan ekonomi warga dan peluang – peluang yang lainnya dimana setiap warga dalam lingkup Desa Kalijoso berhak memperoleh informasi seluas – luasnya menurut kemampuan, minat, bakat dan tujuan masing – masing.
B. Pendidikan
Tujuan Kedua adalah pemanfaatan tenologi internet sebagai wahana pendidikan anak khususnya dan masyarakat pada umumnya yang menyangkut berbagai bidang profesi, maupun pelajar dimana masyarakat dapat memperoleh pendidikan diluar jalur akademis resmi dengan membentuk komunitas – komunitasnya seperti, petani, peternak, kerajinan, buruh, pegawai, dan sebagainya. Teknologi informasi internet dapat memberikan pengajaran diberbagai bidang sesuai keinginan masing – masing kelompok tersebut sehingga dapat menerapkannya dalam kehidupan perekonomian maupun kepentingan lainnya.
C. Komunikasi
Tujuan Ketiga adalah membentuk komunitas masyarakat yang komunikatif antar warga maupun masyarakat dunia lainnya untuk menggali wawasan, pemahaman dan pendekatan sosial antar warga. Hal ini akan dimanfaatkan juga bagi kepentingan pemerintahan, dimana Kepala Desa akan dapat menerima perintah langsung dari Kepala Daerah tentang kebijakan, sosialisasi dan sebagainya secara cepat.
D. Teknologi
Tujuan Keempat merupakan hal yang sangat penting bahwa pemanfaatan teknologi tepat guna dapat diperoleh dari informasi internet sehingga masyarakat akan terpacu untuk mendapatkan teknologi tersebut sesuai dengan bidangnya. (sugi)



“ mencari jarum dalam tumpukan jerami memang sulit jika kita tak membakarnya–sugi “

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar, terimaksih *(shugi)