25 Desember 2009

TAHAPAN REKONFIGURASI KALIJOSONET

Didalam rekonfigurasi Jaringan Internet Desa Kalijoso sejak 1 September 2009 merupakan perjalanan yang sangat panjang dan penuh perhitungan “njelimet” karena berbagai factor, selain factor geografis, teknis dan pemetaan, adalah factor biaya.
Topografi yang cenderung tidak “loss sign” akan menentukan peralatan yang dipakai, sedangkan peralatan yang baik akan terbentur anggaran biaya yang sangat besar, walaupun demikian kesulitan tersebut dapat dilakukan perhitungan ulang walaupun sedikit meleset oleh kendala teknis maupun pemograman.
Didalam tahapan pengerjaannya di desa Kalijoso adalah ;
1. Konfigurasi Jaringan Dasar.
Sebelum melakukan tahapan konfigurasi selanjutnya, setiap BTS utama yang terletak di dusun Citro Manggisan, Citro Dukuh dan Salakan harus memenuhi standarisasi networking yang mengacu pada transformasi data, akselerasi dan performa, dimana harus diperoleh nilai standar akses yang stabil.
Didalam hal ini memang dari sisi kecepatan tidaklah berimbang, dimana akan terjadi penurunan mana kala pengguna terakhir berusaha koneksi, artinya pengguna terakhir dan computer yang memiliki performa baik akan mendapat kesempatan yang besar, karena belum difungsikannya manajemen dengan baik dan hal itu akan dilakukan pada Rekonfigurasi tahap ke 3.( Nah….manfaatkan saja layanan ini dengan sopan dan bijaksana untuk kepentingan pengguna yang lainnya yang mungkin ditempat anda akan memiliki kecepatan powerfull namun saudara pengguna yang lain akan “ Lambretta “ alias lemooott… ).
2. Pengamanan Jaringan ( Firewall dan Filtering )
Setelah tahapan rekonfigurasi dasar telah selesai maka jaringan akan dilakukan pengamanan yang memfungsikan berbagai fitur yang ada pada masing – masing BTS, selain mengunakan fungsi filtering juga otorisasi Mac yang dimiliki oleh pengguna, hal ini dimaksudkan agar pengguna illegal tidak akan dapat masuk kedalam jaringannya, selain itu akan memudahkan perawatan dan pemgawasan jaringan.
3. Manajemen dan Akunting
Dalam pengelolaan jaringan konsep yang akan dipakai adalah “ Flat User “ dimana masing – masing user ( pengguna internet desa kalijoso ) akan diberikan nilai sebesar 64kb, tanpa batasan waktu artinya bahwa masing – masing computer dapat melakukan aktivitas browsing, chatting, surfing atau download tak lebih dari 64kb sehingga tidak melakukan upload atau download sebesar-besarnya, semaunya, sebebasnya yang akhirnya akan merugikan pengguna yang lainnya. Hal ini akan diterapkan mengingat bandwidth pada Kalijoso Net sangatlah terbatas ( limited ), pada sisi kecepatan dalam catatan terakhir adalah 254 ~ 255 kbps artinya jika nilai ini dibagi 10 orang ( pengguna internet ) akan diperoleh nilai 25,5 kbps ( merupakan nilai yang lemooootttttt…..nah tuh?? Ayo dong urunan untuk menaikan paket Speedy nya biar Wus..Wus…. ) belum lagi jika kecepatan paket tersebut hilang dimasing – masing BTS, katakanlah 10% aja, dapat anda hitung sendiri. Yang penting konek dan dapat melihat informasi, sudah merupakan keberuntungan dan mudah-mudahan paket yang diambil nanti dapat ditingkatkan menjadi Paket Speedy Warnet atau Professional yang memang Unlimitted.
4. Proxy Server
Selain memfungsikan berbagai hal diatas pada tahapan selanjutnya akan dipakai satu buah server kembali yang difungsikan sebagai Proxy Server dimana nantinya setiap server ini akan menampung data-data Cache dan History terpusat sehingga jika Anda membuka sebuah situs tertentu atau beberapa situs akan mendapat 75% kecepatan dikoneksikan. ( Hmmm…..yahud…hargane berapa mas??? Kira2 sama dengan harga computer anda kaleee ditambah beberapa bungkus rokok, hehehe…)
5. Media Publik Server
Nah..Sebagai penutup adalah penyediaan server Publik yang menghubungkan jaringan pusat kepublik dimana akan terjadi interaksi secara langsung, baik audio, video maupun komunikasi lainnya secara internal. Bagaimana jika anda memerlukan informasi pembuatan KTP tanpa harus ke Balai Desa, menanyakan informasi Rekening Listrik bulan ini, membayarnya dengan mudah, dan berkomunikasi antar warga dengan mudah pula, bertukar data dan sebagainya. Atau ditambah layanan telepon murah meriah???? Bisa mas…bisa…syaratnya mudah kok, cuman naikan bandwidth aje biar gak lemooot….

Semua yang berkaitan tentang Networking Kalijoso akan dikonfigurasikan dengan system berbasis Linux ( Unix ) yang mempunyai performa dan kelebihan serta telah teruji dikalangan Networker…tanya aja mas…ama Mr. Google ( sugi ).

“ jangan cepat berkesimpulan sebelum mendapatkan kepastian - sugi “

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar, terimaksih *(shugi)