25 September 2013

Ramai Rama Berantas Hama Tikus

Populasi tikus disawah akhir- akhir meningkat cukup signifikan, hal ini mengakibatkan banyak petani di Desa Kalijoso banyak mengalami kerugian akibat gagal panen yang disebabkan serangan hama tikus tersebut . Prihatin atas permasalahan ini para anggota kelompot tani, Gapoktan dan pemerintah desa Kalijoso mengadakan gerakan pengendalian hama tikus.
Gerakan Pengendalian hama tikus diwiyah desa kalijoso dilaksanakan pada hari kamis 12 Sept 2013 dengan metode pengomposan pada lubang lubang aktif dengan menggunakan alat berupa sreng secara masal, Dengan gerakan ini digarapkan populasi tikus akan menurun, sehingga masyarakat petani dapat menghasilkan produksi pertanian dengan maksimal, demi mendukung ketahanan Pangan diwilayah Desa Kalijoso Khusunya dan secara umum di Kabupaten Magelang. Hadir Dalam kegiatan ini Camat Secang, Kapolsek Secang, Danramil yang diwakili Oleh Babinsa Bp. Najamudin, kepala desa Kalijoso Muhtajuddin Hs. Bsc, Kepala BPPK wil Kec. Secang , Petugas Pengendalian hama terpadu Bp, Sudrajat, Penyuluh Pertanian Desa Kalijoso Bp. Mundaryanto dan didukung sepenuhnya oleh Batalyon Areteleri 3/ 105 Tarik Naga Pakca Sambung, Magelang.Gerakan ini dapat terlaksanan berkat dukungan obat sreng dan rodentisida dari Dinas Pertanian Kabupaten Magelang dan Laboratotirum Wilayah Kedu..
Upaya lain dalam penanggulangan hama tikus ini adalah melestarikan predator/ musuh alami tikus. Dari laporan masyarakat terdapat populasi Burung Hantu  ( Tyto Alba  ) di sekitar lahan pertanian kelompok tani Citro sari . Atas dasar informasdi tersebut Pemerintah Desa Kalijoso bekerja sama dengan desa- desa disekirtarnya akan membuat Peraturan Desa Demi Melestarikan Populasi Burung Hantu sebagai Predator Tikus. ( Hijau Kuning )


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar, terimaksih *(shugi)